INI DIA CARA MEMILIH JAKET GUNUNG/OUTDOOR YANG BAIK DAN BENAR

INI DIA CARA MEMILIH JAKET GUNUNG/OUTDOOR YANG BAIK DAN BENAR
INI DIA CARA MEMILIH JAKET GUNUNG/OUTDOOR YANG BAIK DAN BENAR

Salam Rimba TRAVELER

Jumpa kembali semoga kabar gembira selalu menyertai anda. Sebagai pecinta alam pasti kalian sudah tidak asing dengan Jaket Outdoor/Jaket Gunung  yang sangat penting bagi kenyamanan kita pada saat mendaki gunung. Nah buat kalian yang ingin membeli.

Jaket Outdoor sangatlah penting karena Jaket merupakan salah satu alat yang dapat membuat badan kita menjadi hangat. dan efeknya sangatlah berguna bagi kita yang akan melakukan pendakian. Jaket Outdoor yang baik dan benar kalian bisa memperhatikan beberapa hal yang kami tulis dibawah ini.

Saat menggunakan sesuatu faktor kenyamanan adalah salah satu faktor yang tidak dapat diabaikan. Kenyamanan merupakan hal utama yang harus kamu pertimbangkan dalam memilih jaket. Pilihlah jaket dengan ukuran yang sesuai dengan tubuh kamu. Hindari kamu memilih jaket yang terlalu ketat dan pastikan saat kamu mencobanya, jaket tersebut dapat memberikan kenyamanan dan ruang saat kamu bergerak.

Apabila kamu akan pergi mendaki gunung yang mempunyai ketinggian 2000 sampai 3000 mdpl maka pilihlah jaket gunung yang dua lapis, dengan lapisan dalam menggunakan kain polar yang dapat menahan dingin dan untuk bahan luar dari taslan yang dapat menahan air atau embun masuk ke dalam.

3. Bahan
Jaket gunung ada yang menyematkan polar di bagian dalamnya, sehingga akan lebih hangat ketika dipakai, namun akan terasa panas jika digunakan saat siang hari. Ada jaket gunung yang hanya menggunakan lapisan dalam berupa furing, biasanya jaket seperti ini memang digunakan untuk mengurangi panas di dalam jaket, bahan luarnya biasanya dibuat dari bahan polyester. Sekarang ini, banyak jaket yang menggunakan teknologi seperti goretex, sebuah teknologi yang membuat lapisan jaket anti air dan kedap udara, namun tetap bisa mengalirkan udara panas di dalam jaket keluar.

Jaket dengan bahan polar bagian dalamnya sangat tidak direkomendasikan dipakai saat musim hujan, karena ketika terkena air hujan, maka akan memakan waktu lama untuk kering. Biasanya saya membawa dua jaket saat pendakian, yang satu berbahan polar saya masukan ke dalam tas carrier dan hanya saya pakai saat akan tidur, satunya berbahan polyester untuk saya pakai ketika berjalan karena memang tidak membuat panas terperangkap di dalam jaket, namun tetap bisa melindungi saya dari hujan dan angin gunung.

Tips selanjutnya adalah memperhatikan detail jaket. Detail pada jaket yang biasa digunakan adalah kantong dan juga resleting. Terlalu banyak kantong yang ada pada jaket akan membuat jaket tersebut kurang efektif. Perhatikanlah detail jaket tersebut sesuai dengan fungsinya. Sebagai contoh yaitu kedua kantong yang ada di samping kanan dan kiri. Kedua kantong tersebut selain dapat berguna untuk menyimpan barang kecil, kamu juga dapat memanfaatkannya untuk menghangatkan kedua telapak tangan kamu. Sedangkan untuk resleting, pastikan memiliki lapisan bagian depan. Hal ini bertujuan agar lapisan resleting tahan terhadap air. Tak hanya itu saja, pilihlah jaket yang ada penutup kepalanya, supaya kepala dan telinga terlindung dari angin ataupun hujan.

Saat akan membeli jaket gunung pastikan kamu sudah memiliki referensi mengenai merek jaket tersebut. Ada beberapa merk luar negeri yang terkenal dan memiliki kualitas yang baik, seperti Heads, Timberland dan lainnya. Selain merek luar negeri, kamu juga dapat memilih beberapa merk lokal yaitu Consina, Rei, Eiger dan Avtech. Selain merk-merk tersebut ada juga merk yang tidak terkenal akan tetapi memiliki kualitas yang bagus.

Resleting jaket gunung biasanya hanya satu buah, namun ada beberapa yang menyematkan dua lapis resleting untuk semakin menambah kekuatan jaket tersebut. Pastikan kamu memilih jaket gunung dengan resleting bermerk YKK, kamu bisa melihat di ujung kepala resleting yang bisa terbaca dengan jelas. Merek YKK ini adalah merek terbaik untuk produk resleting, kualitasnya tidak perlu kamu ragukan. Periksalah juga apakah jaket gunung yang sedang kamu pertimbangkan memiliki resleting di ketiak (pitt zip) untuk ventilasi udara supaya tidak gerah.

Warna gelap biasanya dipilih karena tidak mudah kotor, namun warna gelap akan mudah menyerap panas sehingga tidak cocok digunakan saat siang hari. Jaket gunung dengan warna gelap juga akan membuat kita susah terlihat di alam bebas. Pilihlah warna cerah agar kamu mudah terlihat dan tidak mudah menyerap panas saat siang hari. Pilihlah jaket dengan satu warna, karena satu warna berarti lebih sedikit jahitan untuk menempelkan warna tersebut. Sedikit jahitan akan membuat jaket kamu lebih nyaman dipakai saat kondisi hujan maupun berangin.

Setelah membelinya, jangan lupa untuk melakukan perawatan secara berkala agar jaket tetap awet dan tidak mudah rusak. Simpan jaket tersebut ke dalam kantong kedap air. dan pastikan agar selalu tetap kering. Jika ingin melakukan pendakian, taruh jaket tersebut pada bagian tas yang mudah terjangkau sehingga mudah diambil ketika akan digunakan.

Comments