Mengenal Lebih Dekat Kepercayaan Sunda Wiwitan

Mengenal Lebih Dekat Kepercayaan Sunda Wiwitan

http://detik-alam.blogspot.co.id/
http://detik-alam.blogspot.co.id/


Mengenal Sunda Wiwitan.

Sunda Wiwitan, secara umum merupakan bentuk kepercayaan atau religi yang berkembang di tanah Pasundan (khususnya kerajaan Pajajaran) Jawa Barat. Dalam kepercayaannya, Sunda Wiwitan mempercayai akan kehadiran kekuasaan tertinggi yang biasa disebut sebagai sang hyang kersaatau gusti sikang sawiji-wiji (Tuhan yang tunggal). Sunda Wiwitan, secara umum merupakan bentuk kepercayaan atau religi yang berkembang di tanah Pasundan (khususnya kerajaan Pajajaran) Jawa Barat.
Komunitas penghayat ADS menurut Straathof (1971), merupakan sebuah komunitas adat yang muncul sekitar tahun 1848 yang didirikan oleh seorang pria bernama Pangeran Sadewa Alibassa Kusuma Wijaya Ningrat atau yang lebih dikenal sebagai Pangeran atau Ki Yayi Madrais. Dalam kisahnya, diceritakan bahwa Madrais merupakan seorang pewaris dari Kapangeranan Gebang, sebuah kerajaan Sunda di sebelah Timur Cirebon. Ketika masih belia, Madrais kecil tidak diasuh secara langsung oleh orang tuanya melainkan dititipkan pada seorang tokoh masyarakat, yakni Ki Sastrawardana di Cigugur (tahun 1825) dan agar diakui sebagai anaknya.

Dalam usia kurang lebih sepuluh tahun Madrais kecil ikut bekerja dengan Kuwu (Kepala Desa) Sagarahiang sebagai gembala kerbau milik sang Kuwu. Menurut beberapa keterangan, dahulu ketika kecil Madrais lebih dikenal oleh sosok teman-temanya sebagai orang yang bernama Taswan. Tujuan penyembunyian nama sebenarnya dari Madrais kecil diduga sebagai upaya penyelamatan Madrais dari kejaran aparat kolonial.

Baca Selanjutnya -->>

Comments